Sunday, August 31, 2014

   A.    Ketentuan Umum:
1.      Peraturan  cabang Futsal pada Olimpiade Budaya 2014 adalah peraturan yang sesuai dengan peraturan FIFA yang disesuaikan oleh panitia Olimbud 2014.
  1. Pada cabang futsal akan diadakan Laga eksibisi yaitu All-star  Olimbud 1 yang berisikan satu perwakilan terpilih dari masing-masing kontingen Olimbud 1 melawan All-star Olimbud 2 yang berisikan masing-masing 4 perwakilan terpilih dari setiap kontingen Olimbud 2.
  2. Kuota pemain untuk tim All-star laga eksibisi yaitu maksimal 15 orang dengan namun dengan tidak menerapkan sistem outfill.
  3. Jika pada Olimbud 2 ada kontingen yang tidak bisa mengirimkan perwakilan dengan jumlah yang diharuskan bisa diisi dengan perwakilan dari kontingen lainnya.
   B.     Sistem Pertandingan:
1.      Sistem Pertandingan pada kompetisi ini menggunakan sistem gugur.
2.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 1 adalah Futsal Putra dan Futsal Putri.
3.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 2 adalah Futsal Putra

   C.    Sistem Waktu Pertandingan:
   1.      Waktu pertandingan 2 x 15 menit (kotor) untuk pada babak penyisihan sampai dengan perempat final  untuk putra. Dan 2 x 20 menit (kotor) untuk semifinal putra.
   2.      Waktu pertandingan 2 x 10 menit (kotor) untuk pada babak penyisihan sampai dengan perempat final    untuk putri. Dan 2 x 15 menit (kotor) untuk semifinal putri.
   3.      Waktu pertandingan 2 x 20 menit (bersih) untuk final putra.
   4.      Waktu pertandingan 2 x 15 menit (bersih) untuk final putri.
  5.  Pada setiap babak disediakan time-out untuk masing-masing tim dengan ketentuan tidak diambil saat      dibawah 3 menit.
   6.      Waktu time-out adalah 40 detik.
   7.      Perpanjangan waktu selama 2  x 5 menit (kotor) dengan sistem Silver Goal.


   D.    Sistem Penilaian Pertandingan:
   1.      Apabila terjadi skor imbang setelah diadakan perpanjangan waktu, maka pertandingan akan dilanjutkan  dengan adu penalti dengan 3 penendang awal dari setiap tim.
    2.      Apabila masih belum bisa juga ditentukan kemenangannya, akan dilakukan penalti sudden death.

   E.     Persyaratan Tim dan Pemain:
   1.      Pakaian yang diwajibkan adalah pakaian olahraga(kaos dan celana olahraga pendek/ celana training) dan sepatu olahraga( dianjurkan futsal) 
   2.  Pakaian yang digunakan berwarna bebas namun seragam.
   3.      Pemain yang terdaftar berjumlah maksimum 15 pemain yang terdiri dari 12 line up dan 3 outfill.
   4.      Jumlah minimal pemain dalam sebuah tim untuk bermain adalah 4 pemain di lapangan. Jika kurang dari itu,  tim didiskualifikasi dan lawan dianggap menang WO.
   5.      Pergantian pemain tidak dibatasi.

   F.     Peraturan Tambahan
   1.      Bila pada pertandingan pertama ada pemain yang mendapat kartu kuning dan pertandingan berikutnya juga  mendapatkan kartu kuning, pemain tersebut akan mendapat akumulasi kartu yang artinya mendapat larangan  bertanding 1 kali pertandingan.
   2.      Bila seorang pemain mendapat kartu merah langsung, maka akan dikenakan larangan bertanding sebanyak  2 kali pertandingan.
   3.      Saat sebuah tim salah satu pemain terkena kartu merah, pemain pengganti diperbolehkan masuk saat sudah  ada gol tercipta atau harus menunggu 2 menit dengan catatan tidak ada gol yang tercipta
   4.      Denda kartu kuning adalah Rp 5.000 dan kartu merah adalah Rp 10.000
   5.      Akumulasi berlaku sepanjang turnamen.
   6.      Tendangan bebas satu/dua sentuhan itu tergantung dari jenis pelanggaran.
  7.  Tendangan bebas dua sentuhan digunakan untuk pelanggaran jenis backpass. Tendangan bebas satu  sentuhan digunakan untuk pelanggaran selain itu.

   8.      Tim yang menang dengan sistem WO (Walk Out) akan dinyatakan menang dengan skor 3-0 dan lolos ke babak selanjutnya.
6:06 AM   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search