Sunday, August 31, 2014

   A.    Sistem Pertandingan:
   1.      Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan sampai dengan babak perempat final dan    pada babak semifinal dan final berbeda.
   2.      Pada babak penyisihan sampai dengan perempat final, sistem yang dipakai adalah diadakannya dua    pertandingan sekaligus yang dilaksanakan oleh 2 orang dari masing-masing tim. Apabila salah satu tim keluar  sebagai pemenang, maka tidak diperlukan pertandingan ketiga, namun apabila setelah kedua pertandingan  itu kedudukan masih sama, maka akan diadakan pertandingan ketiga untuk menentukan pemenang yang  akan maju ke babak selanjutnya. 
   3.      Pada babak semifinal dan final, sistemnya berbeda. 3 orang dari 1 tim langsung bertanding sekaligus untuk  menentukan pemenang.
   4.      Melangkah bergantian, pemain buah putih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pemain dengan buah hitam.
   5.      Buah yang sudah dipegang harus dijalankan, terkecuali buah tersebut tidak mungkin untuk dijalankan.
   6.      Langkah dinyatakan sudah selesai apabila tangan telah melepaskan buah yang dipegang.
  7.      Rokade ada 2 cara, yaitu: rokade panjang dan rokade pendek. Raja harus dipegang duluan dengan  ketentuan raja tidak diancam oleh buah lawan.
   8.      Pion promosi atau petak akhir harus diganti. 
   9.      Ketika pemain melakukan skak/ster, pemain tersebut memiliki hak untuk mengatakan atau tidak.
  10.  Permainan catur harus sportif dengan tidak mengganggu konsentrasi lawan yang sedang berpikir.

   B.     Sistem Waktu Pertandingan:
   1.      Pemenang pada pertandingan adalah peserta yang dapat membuat checkmate (skak mat) permainan    lawan.
   2.      Waktu pertandingan catur adalah 60 menit dan peserta diharapkan tidak mengambil waktu banyak untuk berpikir tentang langkah apa yang akan diambil agar tidak menimbulkan percekcokan dengan lawan.

   C.    Sistem Penilaian Pertandingan:

   1.      Pemenang pada pertandingan adalah peserta yang dapat membuat check mate (skak mat) permainan    lawan.
   2.      Apabila sampai batas waktu pertandingan berakhir belum keluar pemenangnya, maka pemenang akan  ditentukan dengan cara mengakumulasikan setiap bidak catur yang tersisa dengan perhitungan poin sebagai  berikut:
Pion                 : 1 poin
Kuda               : 3 poin                
Gajah               : 3 poin
Benteng           : 5 poin
Menteri            : 9 poin
Raja                 : Takterhingga

Keterangan:

A
B
C
D
E
F
G
H
1








2








3








4








5








6








7








8








Contoh Papan Catur

            Peraturan nomor 4.1.12:
Rokade panjang adalah pertukaran tempat antara Raja(D1) dengan Benteng terjauh(H1) menjadi posisi Raja(E1) dan Benteng(D1).
            Rokade Pendek adalah pertukaran tempat antara Raja dengan Benteng terdekat.

            Peraturan nomor 4.1.13:
Apabila pion depan Raja (D1) maju 2 langkah (D4) sejajar dengan buah atau pion di row 4, pion tersebut boleh dimakan atau tidak. (En passant)


   D.    Persyaratan Tim dan Pemain: 
   1.      Peserta catur tidak perorangan melainkan tim. 1 tim terdiri dari 4 orang, 3 orang pemain inti, dan 1 orang  pemain cadangan.

   2.      Peserta pada saat hari-H harus sama dengan peserta yang sudah didaftarkan, tidak boleh ada penggantian  peserta.
6:02 AM   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search