Sunday, August 31, 2014

   A.    Ketentuan Umum:
         1.      Peraturan  cabang basket pada Olimpiade Budaya 2014 adalah peraturan yang sesuai dengan peraturan PERBASI yang disesuaikan oleh panitia Olimbud 2014.
  1. Pada cabang basket akan diadakan Laga eksibisi yaitu Juara 1 Olimbud 1 melawan All-star yang berisikan 1 perwakilan dari masing-masing peserta Olimbud 1 dan Olimbud 2 kecuali Kontingen juara 1.
  2. Laga eksibisi bersifat tentatif tergantung ada tidaknya waktu yang tersedia.
  3. Kuota pemain untuk laga eksibisi adalah sama dengan kuota yang diminta untuk turnamen cabang basket yaitu 15 orang tetapi tidak menerapkan sistem outfill.

   B.     Sistem Pertandingan:
1.      Sistem Pertandingan pada kompetisi ini menggunakan sistem gugur.
2.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 1 adalah Basket Putra dan Putri
3.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 2 adalah Basket Putra.
4.      Pertandingan selalu dimulai dengan Jump Ball.
5.      Tidak ada perpindahan bench. Hanya ada perpindahan arah serang yaitu pada sebelum dimulainya quarter 2 pada penyisihan sampai semifinal dan sebelum dimulainya quarter 3 pada final dan eksibisi.

   C.    Sistem Waktu Pertandingan:
         1.   Waktu pertandingan 2 x 15 menit (kotor) untuk Putra pada babak penyisihan sampai dengan semifinal dan  eksibisi dengan catatan 2 menit terakhir waktu bersih.
         2.   Waktu pertandingan 2 x 10 menit (kotor) untuk Putri pada babak penyisihan sampai dengan semifinal  dengan catatan 2 menit terakhir waktu bersih.
            3.      Waktu pertandingan 4 x 10 menit (bersih) pada babak final putra dan putri.
            4.      Perpanjangan waktu selama 1 x5 menit (kotor)
            5.      Setiap tim diberikan hak untuk mengambil time-out sebanyak 1 kali tiap quarter dan waktu time-out  adalah 30 detik.


   D.    Sistem Penilaian Pertandingan:
       1.  Apabila terjadi skor imbang setelah diadakan perpanjangan waktu, maka pertandingan akan dilanjutkan  dengan adu free throw. Setiap tim diwakilkan oleh 2 orang yang masing-masing memiliki satu kesempatan  menembak di area free throw.
         2.    Apabila dari free throw masing-masing tim hasilnya tetap sama akan dilanjutkan dengan sudden death  free throw.

   E.     Persyaratan Tim dan Pemain:

      1. Pakaian yang diwajibkan adalah pakaian olahraga(kaos dan celana olahraga pendek/celana training) dan  sepatu. Pakaian yang digunakan harus seragam dengan ketentuan warna terang yaitu putih dan gelap yaitu  warna selain putih.
         2.      Pemain yang terdaftar berjumlah maksimum 15 pemain yang terdiri dari 12 line up dan 3 outfill.
           3.      Jumlah minimal pemain dalam sebuah tim untuk bermain adalah 5 pemain di lapangan. Jika kurang dari itu,  tim didiskualifikasi dan lawan dianggap menang WO(Walk Out).
            4.      Pergantian pemain tidak dibatasi.
           5.      Pergantian pemain wajib terlebih dahulu melalui table panitia dan pemain yang sudah keluar tidak boleh  masuk kembali.
   
   F.     Peraturan Tambahan
  1. Tidak ada foul out pada cabang basket Olimbud. Namun akan diadakan Team Foul. Team Foul itu jika suatu tim melakukan foul sebanyak 5 kali dalam satu kuarter. Pada saat itu, foul selanjutnya dihitung team foul, dan yang dilanggar akan diberikan free throw.
  2. Team foul pada setiap akhir quarter akan direset.
  3. Pada cabang basket ada technical foul. Technical foul adalah jika ada pelanggaran keras atau protes berlebihan kepada wasit, dan mengeluarkan kata-kata kasar saat bertanding. Lawan dari tim yang terkena technical foul akan mendapat free throw tanpa pemain lawan di sekeliling paint area.
           4.      Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan international seperti, pemain dilarang melakukan hal-hal dibawah ini saat permainan:
·         Traveling
·         Double Dribble
·         3 Second, 5 second, 8 second
·         Backcourt
5:58 AM   Posted by Unknown in , with 1 comment

1 comment:

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search