Sunday, August 31, 2014

   A.    Ketentuan Umum:
          1.      Peraturan  cabang Voli pada Olimpiade Budaya 2014 adalah peraturan yang sesuai dengan peraturan            Internasional yang disesuaikan oleh panitia Olimbud 2014.
  1. Pada cabang voli akan diadakan Laga eksibisi yaitu Juara 1 Olimbud 1 melawan Juara 1 Olimbud 2.
  2. Kuota pemain untuk setiap tim untuk laga eksibisi adalah sama dengan yang dianjurkan pada standar Olimbud untuk Voli.
   B.     Sistem Pertandingan:
1.      Sistem Pertandingan pada kompetisi ini menggunakan sistem gugur.
2.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 1 adalah Voli Putra dan Putri
3.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 2 adalah Voli Putra.

   C.    Sistem Waktu Pertandingan:
           1.      Tidak ada batas waktu pertandingan. Pertandingan hanya akan menggunakan sistem point. Tim yang              lebih dahulu mencapai point yang ditentukan akan keluar sebagai pemenang.
           2.      Setiap babak akan ada break sebanyak 1 kali tiap quarter dengan rincian jika point target adalah 25            maka akan ada break saat salah satu tim mencapai angka 13. Jika point target adalah 15 maka akan            ada break di angka 8.
           3.      Waktu break adalah 30 detik.
           4.      Setiap tim diberikan hak mengambil time-out 1 kali setiap babaknya.
           5.      Waktu time out adalah 20 detik dengan ketentuan tim yang bisa mengambil time out adalah tim yang            sedang akan melakukan serve.
   D.    Sistem Penilaian Pertandingan:
         1.      Cabang Voli akan menggunakan sistem Best of Three di babak penyisihan sampai dengan semifinal               dan Best of Five pada final dan eksibisi.
   2.      Ketentuannya pada sistem Best of three set 1 dan 2 akan sampai pada point 25 dengan break di poin          13 dan set 3 akan sampai pada poin 15 dengan break di poin 8 dan berpindah tempat. Jika pada 2               babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke 3 tidak perlu dilaksanakan.
   3.      Pada Best of Five, set 1, 2, 3 dan 4 akan sampai pada poin 25 dengan break di poin 13 dan set 5              akan sampai pada poin 15 dengan break di point 8 dan berpindah tempat. Jika pada 3 atau 4 babak            sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke 4 atau ke 5 tidak perlu dilaksanakan.
 4.      Jika pihak lawan dapat memasukkan bola ke dalam suatu regu maka regu tersebut kehilangan bola dan          lawan mendapatkan nilai.
 5.      Serve yang lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah lawan. Jika tidak, maka lawan pun            akan mendapat nilai.
6.      Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan      akan ditambah 2 poin (deuce). Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi            pertandingan.
7.      Pemain dilarang menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.
8.      Bola menyentuh net dalam keadaan hidup dihitung sebagai satu sentuhan.
      9.      Blocking tidak dihitung sentuhan.
      10.  Serve harus dimulai dengan peluit dari wasit terlebih dahulu
      11.  Pemain tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola voli harus di pantulkan tanpa mengenai             dasar lapangan.
12.  Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan           lapangan.
13.  Pada saat servis bola yang melewati lapangan (keluar) dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga               sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan.
14.  Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan.
15.  Pemain harus melakukan spike di daerah lapangan sendiri.
16.  Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang.
17.  Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.
18.  Bola mengenai net satu kali masih dihitung sah dan hidup (bisa tetap dilanjutkan).
19.  Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir.
20.  Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan internasional.

   E.     Persyaratan Tim dan Pemain:
      1.      Pakaian untuk voli yang diwajibkan adalah pakaian olahraga(kaos dan celana pendek atau celana                 training panjang) dan sepatu.
     2.  Pemain yang terdaftar berjumlah maksimum 10 pemain dengan pemain yang bisa berada di lapangan             adalah 6 orang.
    3.      Jumlah minimal pemain dalam sebuah tim untuk bermain adalah 4 pemain di lapangan. Jika kurang dari itu,     tim didiskualifikasi dan lawan dianggap menang WO(Walk Out).

    4.      Pergantian pemain tidak dibatasi.
8:14 AM   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search