Sunday, August 31, 2014

   A.    Ketentuan Umum:
1.      Peraturan  cabang Tenis Lapangan pada Olimpiade Budaya 2014 adalah peraturan yang ditentukan oleh panitia Olimbud 2014.
   B.     Sistem Pertandingan:
1.      Sistem Pertandingan pada kompetisi ini menggunakan sistem gugur.
2.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 1 adalah Tunggal Putra, Tunggal Putri, dan Ganda Campuran.
3.      Kategori yang dimainkan untuk Tabel Olimbud 2 adalah Tunggal Putra
   C.    Sistem Waktu Pertandingan:
           1.      Waktu tidak ditentukan. Pertandingan dianggap selesai jika salah satu pemain berhasil lebih dahulu    mengumpulkan angka yang diharuskan.

   D.    Sistem Penilaian Pertandingan:
            1.      Seorang pemain kehilangan poin apabila:
·         Melakukan dua kali kesalahan pada servis.
·         Tidak dapat memukul bola setelah lebih dari satu kali bola menyentuh tanah.
·         Memukul bola namun jatuhnya bola di luar garis permainan (out).
·         Pemain yang menerima servis memukul bola sebelum bola memantul.
·         Pemain dengan SENGAJA memukul bola lebih dari 2 kali sentuhan.
·         Seorang pemain menyentuh bagian dari net dengan raketnya atau dengan bagian badannya saat bola masih dimainkan.
·         Pemain memukul bola sebelum bola melintasi net.
·         Bola menyentuh bagian tubuh atau apapun yang melekat pada tubuhnya selain raket tenis.
·         Bola menyentuh raket namun pemain tidak memegangnya.
·         Pada permainan ganda, kedua pemain menyentuh bola dengan raketnya sekaligus
            2.      Apabila terjadi skor imbang pada poin 40 maka dinyatakan deuce (indonesia-jus) dan pemain                       berusaha merebut 2 poin berturut-turut untuk merebut permainan.
           3.      Pemain yang memenangkan permainan akan mendapatkan 1 angka dan harus dikumpulkan hingga                  merebut 6 angka. Namun apabila terjadi angka berimbang pada poin 6 (6-6), maka permainan                      dilanjutkan  hingga 8. Apabila permainan masih berimbang pula pada angka 7 (7-7), maka game                    berlanjut pada perhitungan Tie Break.
           4.      Tie Break terjadi pada skor permainan 7-7 dan pemain yang memiliki giliran serve memulainya dari               sisi lapangan sebelah kanan pemain (deuce court) satu kali dan kemudian pindah serve pada                        lawannya yang  memulai dari sisi kiri lapangan (adcourt) dengan dua kali kesempatan dan selanjutnya             masing- masing  memperoleh dua kesempatan serve.
          5.      Apabila pemain telah memenangkan permainannya hingga 6 angka atau seperti tersebut di atas maka             pemain tersebut dikatakan merebut 1 set.
         6.      Pemain membutuhkan 1 set untuk memenangkan pertandingan, kecuali untuk semua pertandingan final;          pemain membutuhkan 2 set untuk memenangkan pertandingan.
         7.      Dimulai dari satuan terkecil terlebih dahulu. Standar perhitungan angka yang dipakai dalam tenis adalah          sebagai berikut:
                       1 .      nol (love)
                       2.      lima belas (15)
                       3.      tiga puluh (30)
                       4.      empat puluh (40)
A.    Persyaratan Tim dan Pemain:
  1. Pakaian yang diwajibkan adalah pakaian olahraga(kaos atau polo shirt dan celana olahraga pendek/celana training) dan sepatu olahraga.
B.     Peraturan Tambahan
             1.      Servis adalah pukulan pembuka suatu poin yang dilakukan pemain di sisi deuce court dan penerima             adalah pemain yang menerima pukulan serve di sisi diagonal dari pemain serve atau sama-sama pada             sisi deuce court. Pemain yang melakukan servis diharuskan memukul bola ke arah deuce court                    pemain lawan pada daerah service line.
            2.    Pemain mendapatkan dua kali kesempatan untuk melakukan servis. Namun, bila servis terkena net                dan jatuh pada daerah di dalam daerah servis lawan maka servis diulang menurut jatah servisnya                  (contohnya apabila saat servis kedua bola menyentuh net, maka servis diulang sebagai servis kedua                dan mendapat kesempatan 1 kali servis lagi)
             3.  Untuk permainan ganda, pemain yang pertama melakukan servis ditentukan sebelum permainan                    dimainkan dan begitupun penerimanya. Setelah permainan selesai maka penerima bergantian menjadi            pemegang servis kemudian berrotasi kembali untuk pemain kedua dari tim yang servis pertama                       memegang kendali servis dan seterusnya.
             4.    Servis dilakukan di belakang garis baseline, di sisi kanan lapangan (deuce court) menuju diagonal                ke arah daerah servis lawan. Pemain yang menginjak garis baseline atau masuk ke daerah permainan            tenis pada saat tangan mengayun raket untuk melakukan servis dianggap melakukan kesalahan (foot              fault) dan poin untuk pihak penerima.
             5.     Zona permainan perorangan adalah zona dalam minus daerah alley, sedangkan untuk permainan                   ganda garis permainannya meliputi seluruh lapangan didalam garis baseline.
             6.  Garis merupakan batas dari daerah permainan. Apabila seluruh bagian atau sebagian dari bola                      menyentuh garis permainan maka bola dinyatakan masuk karena bola menyentuh lapangan yang                     dibatasi oleh suatu garis
  1. Apabila terjadi kendala seperti hujan, akan ditunggu 20 menit, apabila tidak reda dan/atau lapangan tidak memadai untuk dilanjutkan maka pertandingan yang bersangkutan akan ditunda. Pertandingan tunda akan dimulai kembali dengan skor dan waktu dilanjutkan.
  2. Pertandingan tidak bisa ditunda dengan alasan apapun termasuk alasan menunggu pemain.

9.      Perwakilan jurusan yang menghilangkan atau merusak bola pertandingan akan didenda sebesar Rp 25.000 per bola.
7:56 AM   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search