Sunday, August 31, 2014

Seperti judul diatas, kita mengajak kalian lebih mengenal panitia Olimbud lebih dekat.Sebelum kenal para panitia Olimbud, kita mau ngasih tau tentang kepanitiian kita dulu.Dalam kepanitiaan Olimbud 2014, ada yang namanya koordinator, deputi, dan staff.
Pertama kita bahas tentang koordinator. Koordinator memiliki peran untuk mengatur divisinya masing-masing. Koordinator memiliki sidekick bernama deputi atau lebih awam disebut wakil. Nanti koordinator suatu divisi akan memimpin para staff untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan divisinya.
Nah, ada divisi apa saja sih di kepanitiaan Olimbud?

Yang pertama ada divisi kestari. Kestari merupakan divisi krusial di suatu kepanitiaan, kestari mengurus proposal, perizinan hingga LPJ kepada institusi yang membawahinya. Dan seorang kestari harus memiliki ketekunan, kesabaran, kedisiplinan dan keuletan dalam menjalani aktivitasnya. Jadi, buat kalian yang ingin mencoba menjadi sekretaris, kalian bisa masuk ke divisi kestari.

Lalu, ada divisi dana usaha. Buat kaian yang hobi dagang dan mencari uang buat acara, kalian bisa bergabung didalam divisi danus. Danus menjadi bagian panitia yang harus mampu menyediakan dana/kelengkapan-kelengkapan kebutuhan divisi lain bagi kepanitiaan dan harus mampu melihat kesempatan yang bisa mendatangkan keuntungan.  Nah, di divisi danus diharapkan para anggora danus bisa menjadi sosok komunikatif,kritis mencermati keadaan sekitar, rendah hati. Bisa sekalian berlatih di sisi management.
Selanjutnya buat yang suka ngobat-ngobatin orang dan mau menyalurkan ilmu PMRnya waktu SMA bisa masuk ke divisi medis. Anggota medis harus bertanggung jawab terhadap ketersediaan obat-obatan dan peralatan medis. Dan selama kegiatan medis hrs siap sedia dan siaga jika terjadi masalah kesehatan pada peserta saat kegiatan.

Nah, buat kalian yang suka dengan dunia publikasi, ada divisi humas, publikasi, dokumentasi dan design alias HPDD. Yang pertama, kita bahas tentang humas. Kerja humas lebih fokus ke menyebarkan informasi kepada pihak dalam dari suatu acara. Dan humas juga harus menjaga keharmonisan hubungan antar panitia agar informasi yg didapat dan akan disebarkan tidak menimbulkan kesalah pahaman. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi sangat di butuhkan nih untuk menjadi staf humas.
Yang Kedua adalah Publikasi. Tugas publikasi adalah mempublish semua informasi tentang suatu acara dan mengelola media  sosial Kriteria yang dicari untuk menjadi staf publikasi adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara persuasif. Selain kemampuan berkomunikasi, seorang staf publikasi pun harus mampu mengelola sosial media dr mulai blog, twitter dll.
Lalu yang ketiga ada dokumentasi. Sesuai dengan namanya, tugas dr divisi dokumentasi yaitu mendokumentasikan seluruh kegiatan suatu acara mulai dr pra acara, selama acara, dan saat evaluasi acara. Kriteria yang dicari untuk jadi staf dokumentasi adalah insting tajam untuk mencium kesempatan dalam pengambilan gambar dalam momen yg tepat. Jadi, buat kalian yang suka dengan dunia photography, bakat kalian bis dilatih juga disini.
Dan yang keempat ada design. Divisi ini bertugas untuk Membuat berbagai macam desain yang dibutuhkan dalam acara olimbud. Design bertugas untuk membuat dan menyebarkan informasi dalam bentuk poster, baliho, spanduk dll.

 Nah, buat kalian yang tertarik untuk mengurusi cabang olah raga, kalian bisa bergabung dengan divisi olah raga. Tugas dari divisi olahraga adalah menyusun rencana kegiatan,mengatur dan memimpin semua kegiatan olahraga. Selain itu staf dari divisi olahraga jg harus mampu berkoordinasi dengan 11 cabang olahraga yang ada di olimbud.

Untuk yang lebih tertarik dibidang senni, kalian bisa bergabung dengan divisi seni. Hampir sama dengan divi olah raga, tugas dari divisi seni adalah mengatur jalannya acara seni sesuai dengan rundown acara. Seorang staf seni juga harus mampu berkoordinasi dengan 8 cabang seni lainnya.

Selain itu, ada juga divisi yang tak kalah penting dalam kepanitiaan Olimbud yaitu divisi perlengkapan. Divisi perlengkapan tugasnya menyediakan perlengkapan, semua yang berhubungan dg properti, tata ruang, letak, serta membantu divisi lain.

Dan yang terakhir ada divisi keamanan. Divisi ini memiliki peran penting untuk menjaga jalannya acara agar terhindar dari pihak atau hal2 yang dapat merusak jalannya suatu acara.

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Sudah ketahuan kalian cocok dimana? Kalau sudah, kita mengajak kalian untuk menjadi bagian dari kepanitiian Olimbud 2014. Tertarik? Kalian cukup mengunduh form recruitment DISINI dan dikumpulkan paling lambat tanggal 1 September 2014!Ayo! Bakar api semangatmu dengan menjadi bagian dari kami!#BURNYOURSPIRIT
8:54 AM   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites More

Search